Friday, December 4, 2009

A R T I B E S A R C A T A T A N



        Sisihkan waktu untuk merencanakan pekerjaan dan kehidupan Anda setiap hari, setiap minggu, dan setiap bulan. Periksa kembali apakah tak ada yang terlupa. Perencanaan kecil semacam ini akan mencegah munculnya persoalan dalam perjalanan pekerjaan Anda. Dengan bertindak demikian maka kehidupan Anda pun akan berjalan dengan mulus.

        Seringkali kita merasakan tidak punya waktu untuk merencanakan pekerjaan dan hidup kita, karena sudah sangat sibuk untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang muncul. Akan tetapi kita tidak sadar bahwa, sering kali, persoalan-persoalan tersebut justru muncul karena tidak adanya perencanaan yang tajam. Memang, tidak semua persoalan bisa diselesaikan di depan. Atau semuanya bisa dicegah, setajam dan selama apapun perencanaan dan persiapan
dilakukan. Akan tetapi banyak sekali yang dapat dihemat dengan melakukan perencanaan dan persiapan yang matang: hemat waktu, uang, energi. Perencanaan juga dapat mencegah kita untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sebenarnya tidak perlu.

Untuk mempertajam perencanaan, biasakan Anda melakukan hal-hal di bawah ini :

        Rencanakan setiap langkah kegiatan atau prosedur baru, cari titik-titik yang bisa menjadi hambatan dalam setiap tahap, dan perkirakan cara terbaik untuk mencegah atau mengatasinya. Pastikan bahwa penugasan-penugasan benar-benar dipahami oleh staf dan kelompok di lingkungan tanggung jawab Anda. Perhatikan tahap awal pelaksanaan setiap pekerjaan, karena biasanya pada tahap ini persoalan mulai muncul. Catatlah setiap malam, apa-apa saja kekurangan dalam  pelaksanaan pekerjaan  hari ini, dan rencanakan apa-apa saja yang akan anda lakukan esok hari, agar pelaksanaan pekerjaan akan lebih baik dari hari ini dan seterusnya.

        Mencatat adalah kegiatan yang sering kita abaikan. Padahal, mencatat itu adalah bagian penting untuk menghemat memori ingatan kita. Seringkali kita lupa apa yang kita ingat kemarin hanya karena tidak dicatat, dan baru teringat keesokan harinya atau bahkan seminggu kemudian.

Jadi, rencanakan dengan matang, dan jangan lupa mencatat !

Sumber : ESENSI KEPEMIMPINAN : MEWUJUDKAN VISI MENJADI AKSI" karangan
Erry Riyana Hardjapamekas


Apakah wajar artis ikut Pemilu?
Temukan jawabannya di Yahoo! Answers!

No comments:

Post a Comment